sejarah china

Sejarah China Dari Kekaisaran Sampai Dengan Republik

Sejarah terbentuknya negara China sangat panjang dan kompleks, mencakup periode kekaisaran, dinasti-dinasti, hingga perubahan menuju sistem republik. Berikut adalah gambaran umum tentang sejarah terbentuknya negara China dari kekaisaran hingga menjadi republik:

Baca Juga : Daftar Olahraga yang Ringan Namun Sangat Bermanfaat

  1. Awal Kekaisaran

    • Sejarah awal China dimulai sekitar tahun 2070 SM dengan dinasti Xia, yang diyakini oleh sebagian sejarawan sebagai dinasti pertama. Namun, informasi tentang dinasti ini masih bersifat legendaris. Dinasti Shang (1600-1046 SM) dan Zhou (1046-256 SM) adalah Agen Sbobet dinasti-dinasti yang tercatat dalam sejarah tertulis pertama Tiongkok.
  2. Periode Negara Perang

    • Setelah runtuhnya dinasti Zhou, Tiongkok memasuki periode Negara Perang (475-221 SM) di mana berbagai negara-negara kecil bersaing untuk supremasi. Qin Shi Huang, penguasa negara Qin, akhirnya berhasil menyatukan Tiongkok pada tahun 221 SM dan mendirikan Kekaisaran Qin, yang menandai awal dinasti-dinasti kekaisaran.
  3. Dinasti Kekaisaran

    • Dinasti-dinasti kekaisaran yang mengikuti pendirian Kekaisaran Qin meliputi Dinasti Han (206 SM – 220 M), Dinasti Tang (618-907), Dinasti Song (960-1279), Dinasti Ming (1368-1644), dan Dinasti Qing (1644-1912). Pada masa ini, Tiongkok mengalami kemajuan budaya, sosial, dan ekonomi, namun juga mengalami konflik dan invasi.
  4. Zaman Kegelapan

    • Pada abad ke-19, Tiongkok mengalami masa-masa sulit yang dikenal sebagai “Zaman Kegelapan” atau “Zaman Akhir Dinasti Qing.” Pada periode ini, Tiongkok menghadapi tekanan imperialisme dan disintegrasi internal.
  5. Reformasi dan Modernisasi

    • Dinasti Qing terus menghadapi tekanan eksternal dan internal, terutama dari negara-negara Eropa dan Jepang. Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, muncul gerakan reformasi dan modernisasi di Tiongkok yang bertujuan untuk memodernisasi negara dan memperkuat ketahanan terhadap imperialisme.
  6. Revolusi Xinhai dan Republik Tiongkok

    • Revolusi Xinhai pada tahun 1911 mengakhiri pemerintahan Kekaisaran Qing dan mendirikan Republik Tiongkok yang baru pada tahun 1912. Dr. Sun Yat-sen, pemimpin Revolusi Xinhai, menjadi presiden pertama Republik Tiongkok. Republik ini awalnya mengalami periode ketidakstabilan dengan perebutan kekuasaan dan konflik internal.
  7. Periode Perang Dunia II dan Perang Saudara Tiongkok

    • Selama Perang Dunia II, Tiongkok menjadi salah satu Front Asia Timur Raya dan berperang melawan invasi Jepang. Setelah perang, terjadi Perang Saudara Tiongkok antara pihak nasionalis yang dipimpin oleh Kuomintang (KMT) dan pihak komunis yang dipimpin oleh Partai Komunis Tiongkok (PKT). PKT dipimpin oleh Mao Zedong.
  8. Berdirinya Republik Rakyat Tiongkok

    • Pada tahun 1949, pasukan komunis PKT berhasil mengalahkan pasukan KMT, yang kemudian melarikan diri ke Taiwan. Pada tanggal 1 Oktober 1949, Mao Zedong mengumumkan berdirinya Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di Beijing.

Sejak berdirinya Republik Rakyat Tiongkok, negara ini telah mengalami berbagai perubahan sosial, ekonomi, dan politik. Pada saat pengetahuan saya terakhir pada Januari 2022, RRT terus menjadi salah satu negara terbesar dan terpenting di dunia, baik dari segi ekonomi maupun politik.