Manfaat sit up ternyata tidak hanya mengecilkan perut saja

8 Manfaat Latihan Sit Up untuk Tubuh, Tak Hanya Bentuk Otot Perut

Anda pasti telah tak asing kembali dengan latihan sit up. Sit up adalah latihan yang menargetkan otot bersama cara berbaring telentang dan kemudian mengangkat tubuh anggota atas. Latihan ini cukup efektif sebab Anda dapat mengfungsikan berat badan sendiri untuk memperkuat dan mengencangkan otot perut yang menstabilkan inti.

Latihan sit up akan berdampak pada rectus abdominis, transverse abdominis, dan obliques tidak cuman fleksor pinggul, dada, dan leher Anda. Semuanya dapat menunjang pembentukan postur tubuh yang baik bersama melatih otot punggung bawah dan gluteal Anda.

Dengan rentang gerak yang lebih besar, sit up menargetkan lebih banyak otot daripada latihan crunch dan latihan inti statis. Hal ini menjadikan sit up sebagai latihan yang ideal untuk program kebugaran Anda.

Namun, manfaat sit up sendiri terhitung tak hanya mengenai otot perut saja. Masih tersedia beberapa manfaat latihan sit up lainnya yang mampu Anda dapatkan ketika Anda teratur melakukannya.

Dikutip dari laman Healthline, selanjutnya adalah beberapa manfaat latihan sit up untuk tubuh Anda.

Baca Juga: Apa Itu Wall Sit dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Meningkatkan massa otot

faedah latihan sit up yang pertama adalah untuk bantu menaikkan massa otot. Sit up bakal membangun kebolehan otot yang tersedia pada bagian perut dan pinggul. Performa sit up bisa saja terhitung dapat menjadi indikator kehilangan otot yang berguna.

Menurut penelitian berasal dari tahun 2016, wanita yang lebih tua yang dapat jalankan sit up, lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami sarkopenia, yakni hilangnya otot secara alami akibat penuaan.

Wanita yang dapat jalankan lebih berasal dari 10 sit up miliki tingkat massa dan manfaat otot yang lebih tinggi. Meskipun hasil ini menjanjikan, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memperluas temuan ini.

Performa atletik

faedah latihan sit up yang ke-2 yakni untuk bantu meningkatkan performa atletik. Otot inti yang kuat berkaitan dengan peningkatan kebolehan dan kekuatan tahan otot terhadap atlet.

Inti yang kuat berikan Anda postur, stabilitas, dan wujud yang tepat, agar terlalu mungkin Anda untuk tampil di level yang lebih tinggi sepanjang olahraga atau kegiatan fisik apa pun. Plus, Anda terhitung condong tidak gampang mengalami kelelahan.

Keseimbangan dan stabilitas yang lebih baik

kegunaan latihan sit up yang ketiga yakni untuk menambah keseimbangan dan stabilitas. Inti yang kuat bakal mendukung melindungi tubuh Anda tetap sesuai dan stabil disaat Anda bergerak sepanjang kegiatan harian dan atletik.

Bagian inti ini bakal mendukung otot panggul, punggung bawah, dan pinggul Anda untuk bekerja serupa bersama dengan otot perut Anda. Keseimbangan yang baik bakal membawa dampak Anda cenderung lebih kuat dan tidak enteng jatuh.

Meningkatkan fleksibilitas

kegunaan latihan sit up yang keempat adalah untuk bantu menambah fleksibilitas. Menggerakkan tulang belakang dapat menopang melonggarkan kekakuan terhadap tulang belakang dan pinggul.

Sit up menyebabkan pinggul dan punggung Anda lebih fleksibel, supaya dapat menambah mobilitas dan meredakan ketegangan dan juga sesak. Peningkatan fleksibilitas menambah sirkulasi dan konsentrasi, mengurangi stres, dan menambah tingkat energi.

Membentuk postur yang lebih baik

kegunaan latihan sit up yang kelima yakni untuk membentuk postur yang lebih baik. Membangun otot inti yang kuat dan padat memudahkan kami untuk melindungi pinggul, tulang belakang, dan bahu selamanya sejajar.

Dengan postur yang baik, bakal mendukung memperbaiki postur tubuh. kegunaan postur tubuh yang baik terhitung bakal mengurangi rasa sakit dan ketegangan, tingkatkan tingkat energi, dan pernapasan yang lebih baik.

Mengurangi risiko sakit punggung dan cedera

Sit up bakal membangun kekuatan di punggung bawah, pinggul, dan panggul. Inti yang kuat amat mungkin inti yang kokoh, agar dapat kurangi kemungkinan sakit punggung dan cedera.

Meskipun masih ada yang yakin bahwa sit up dapat memicu cedera, sebuah belajar tahun 2010 terhadap tentara Angkatan Darat A.S. mendapatkan bahwa dimasukkan atau dikeluarkannya sit up dalam program latihan bakal membuahkan hasil yang sama dalam perihal cedera muskuloskeletal.

Selama Anda berhati-hati selagi melaksanakan sit up, kemungkinan besar latihan ini bakal bermanfaat dan lebih-lebih dapat meredakan sakit punggung.

Penguatan diafragma

Sit up adalah cara yang bagus untuk melatih pernapasan diafragma. Sit up bakal membawa dampak kompresi perut, yang sanggup berdampak positif pada diafragma Anda. Diafragma yang kuat dan sehat sanggup memperbaiki pola pernapasan, meredakan stres, dan tingkatkan energi tahan atletik.

Sebuah belajar kecil tahun 2010 mengamati efek berasal dari lebih dari satu latihan perut dalam hal tekanan diafragma. Dan sit up ditemukan sanggup berguna dalam memperkuat diafragma dan tingkatkan fungsi pernapasan. Studi yang lebih besar dan lebih mendalam masih diperlukan untuk memperluas temuan ini.

Membakar kalori

kegunaan latihan sit up yang paling akhir yaitu untuk bantu bakar kalori. Karena sit-up memiliki efek segera terhadap banyak area tubuh, sit up merupakan keliru satu latihan yang dapat membakar kalori jauh lebih tinggi dibandingkan bersama banyak latihan lainnya.

Jumlah kalori yang terbakar beragam menurut usia, style kelamin, berat badan, dan intensitas olahraga. Semakin banyak massa otot yang Anda kembangkan, makin banyak kalori yang Anda bakar.