sejarah kota salatiga

Jadi Salah Satu Kota Tertua di Indonesia, Fakta Sejarah Salatiga

Salatiga adalah salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kota itu punyai udara yang sejuk dan pemandangan indah sebab letaknya berada di kaki Gunung Merbabu. Letaknya yang berada di dua kota besar, yakni Semarang dan Solo membawa dampak lokasi Salatiga begitu strategis. Apa lagi, kota itu dilewati jalan nasional dan juga jalan tol trans Jawa. Bicara soal tol, Salatiga punyai gerbang tol yang keindahannya disebut sama pemandangan di Swiss.

Keindahan Kota Salatiga sesungguhnya sudah dikenal sejak lama, Slot777 tepatnya terhadap masa penjajahan Hindia Belanda. Bahkan terhadap zaman itu, Salatiga mendapat julukan De Schoonste Stad van Midderi-Java atau kota terindah di Jawa Tengah. Tak hanya itu, Salatiga ternyata merupakan salah satu kota tertua di Indonesia. Hari jadi Kota Salatiga ditetapkan terhadap tanggal 24 Juli 750 Masehi dan membawa dampak kota itu kini sudah berusia 1270 tahun.

Baca juga:

Sejarah dan Asal-usul Kabupaten Karanganyar

Sejarah dan Asal-usul Nama Jepara, Kota yang Dijuluki Bumi Kartini

Asal Usul Kota Salatiga

Asal mula Kota Salatiga tak lepas berasal dari kisah Ki Ageng Pandanaran, Bupati Semarang terhadap masa Kesultanan Demak yang turut Sunan Kalijaga pergi mengembara. Dalam perjalanan itu, Sunan Kalijaga meminta Ki Ageng Pandanaran meninggalkan semua harta benda miliknya.

Walaupun Ki Ageng Pandanaran bisa menepati janjinya, namun istrinya melanggar. Dia memasukkan emas dan berlian ke didalam tongkat. Di tengah perjalanan, mereka bertemu sekawanan perampok. Sunan Kalijaga menyuruh perampok itu untuk mengambil alih harta yang dibawa oleh istri bupati. Akhirnya perampok itu mempunyai tongkat yang berisi emas dan berlian. Setelah momen itu, Sunan Kalijaga bicara kepada Ki Pandanaran dan istrinya,

”Aku dapat menamakan area ini Salatiga sebab kalian sudah membawa dampak tiga kesalahan. Pertama, kalian terlampau kikir. Kedua, kalian sombong. Ketiga, kalian menyengsarakan rakyat. Semoga area ini jadi area yang baik dan ramai nantinya.”

Salah Satu Kota Tertua di Indonesia

Kota Salatiga jadi salah satu kota tertua di Indonesia. Dilansir berasal dari Salatiga.go.id, kota itu berdiri terhadap tanggal 24 Juli tahun 750 Masehi supaya terhadap saat ini sudah berusia 1270 tahun. Berdasarkan prasasti Plumpungan yang berada di Desa Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo itu, terhadap mulanya Salatiga adalah sebuah tanah perdikan bernama Hampra. Pada saat itu, pemberian tanah perdikan itu dijalankan oleh seorang raja, supaya rakyat yang menetap di sana dibebaskan berasal dari membayar pajak atau upeti sebab area itu dianggap berjasa terhadap seorang raja.

Berdasarkan pengamatan oleh pakar sejarah, tanah perdikan atas wilayah Hampra diberikan oleh Raja Bhanu, seorang raja besar yang area kekuasaannya meliputi Salatiga, Kabupaten Semarang, Ambarawa, dan Boyolali.

Berdasarkan terhadap Perda No. 15 tahun 1995, penetapan tanah perdikan oleh Raja Bhanu itulah yang jadi basic tanggal lahir Kota Salatiga.

Kota Terindah di Jawa Tengah

Pada zaman Belanda, pemerintah terhadap saat itu menyebut Salatiga sebagai kota terindah di Jawa Tengah. Maka tak heran andaikata di sana banyak dijumpai rumah peninggalan Belanda dan juga area wisata alam seperti Kopeng.

Seiring bersama dengan dibangunnya Jalan Tol Trans Jawa, Gerbang Tol Salatiga punyai pemandangan yang indah untuk dikunjungi. Dengan latar belakang Gunung Merbabu yang menjulang tinggi, banyak orang yang menyamakan pemandangan di gerbang tol itu bersama dengan pemandangan di Swiss.