Pull Up

Ternyata Ini, Manfaat Pull Up Untuk Kesehatan

Apakah kalian dan keluarga gemar berolahraga? Jika ya, jenis olahraga apa yang kamu sukai? Ada banyak pilihan olahraga, pada dasarnya semuanya membuat tubuh kita lebih sehat dan bugar. Selain sehat dan bugar, jika kalian ada yang berolahraga ingin menambah massa otot, maka olahraga pull up bisa jadi pilihan yang cocok untuk kamu! Pull up merupakan latihan untuk membentuk kekuatan tubuh, khususnya bagian atas. Selain melatih otot, ada banyak manfaat pull up lain yang bisa kalian peroleh dari olahraga ini.

Sebenarnya, pull up sering dianggap sebagai latihan yang serupa dengan chin up, namun lebih sulit. Selain itu, latihan pull up juga bisa dilakukan dan dimodifikasi dengan menggunakan bantuan. Meski begitu, kalian masih bisa mendapat manfaat yang banyak dari pull up. Manfaat pull up bisa kalian peroleh dengan rutin melakukan gerakan ini. Dimana kalian hanya perlu menggantung pada mistar pull up dengan posisi tangan menghadap arah badan. Lalu, pelan-pelan angkat badan kalian sampai dagu posisi di atas palang. Melansir dari Healthline, manfaat pull up ini bisa memperkuat otot-otot punggung bisa dilakukan sebagai pilihan latihan yang paling efektif. Selain membentuk otot-otot punggung, juga otot lengan dan bahu.

Dengan rutin melakukan latihan pull up bisa mengencangkan otot bahu juga lengan bawah. Jika kalian berniat untuk meningkatkan kekuatan pada bagian tersebut, maka lakukan pull up dengan teratur, ya.

Apa Itu Pull Up?

Pull up merupakan gerakan menggelantung pada mistar. Pull up menjadi salah satu olahraga untuk membentuk masa otot dan melatih tubuh agar tetap kencang, khususnya bagian atas seperti dada, bahu, dan lengan. Pull up dilakukan dengan cara menggelantungkan tubuh ke sebuah bilah besi dengan gerakan menurunkannya kembali. Cara latihan pull up, tubuh akan menggantung pada sebuah bilah besi, lalu kamu harus mengangkat tubuh hingga posisi dagu berada di atas bilah.

Pull up biasanya dianggap latihan tingkat lanjut. Selain itu, pull up dikenal sebagai latihan berat yang sering digunakan dalam pelatihan militer. Sehingga menjadi bagian olahraga yang tidak mudah untuk dipraktekkan. Akan tetapi, dibalik tingkat kesulitannya, latihan pull up merupakan jenis olahraga terbaik untuk melatih otot. Selain itu, pull up juga memberi serangkaian manfaat untuk kamu yang bisa melakukannya secara rutin.

Pull up merupakan gerakan cukup memakan energi, karena untuk melatih kekuatan otot serta ketahanan tubuh. Jadi, agar mendapatkan manfaat dari pull up dengan maksimal, kamu memerlukan tumpuan yang kuat. Olahraga ini juga bisa dijumpai di tempat-tempat olahraga khusus seperti pull up bar, dimana kamu bisa menemukannya di gym. Tapi, kamu juga bisa menggunakan palang yang tinggi, atau bahkan menggunakan ventilasi pintu rumah.

Baca juga:

6 Rekomendasi Destinasi Rock Climbing di Indonesia

Ducati Buka Peluang Rekrut Marc Marquez untuk MotoGP 2025

Cara Melakukan Pull-Up Dengan Benar

Kamu bisa menemukan olahraga ini di tempat gym atau tempat-tempat umum yang memiliki palang besi untuk melakukan gerakan pull up ini. Bahkan bisa dilakukan dirumah dengan menggunakan ventilasi pintu rumah atau menggunakan alat yang ada di rumah. Pull up termasuk olahraga berat, dilakukan dengan cara menggantungkan tubuh dan mengangkat secara berulang pada tumpuan tersebut. Jadi, sebelum melakukan pull up, kamu harus pastikan bahwa tumpuan kamu gunakan benar-benar kuat, hal ini untuk menghindari cedera akibat terjatuh.

Tumpuan yang digunakan juga posisinya harus lebih tinggi dari kalian, karena saat melakukan gerakan pull up, kaki kalian harus menggantung. Baru setelah itu, kamu bisa lakukan langkah-langkah berikut ini :

  • Berdirilah tepat di bawah mistar atau tumpuan.
  • Merentangkan kaki
  • Lompat, kemudian genggam tumpuan dengan kuat menggunakan telapak tangan dan menghadap ke depan.
  • Tarik tubuh ke atas dengan perlahan sampai dada mendekati tumpuan yang kalian genggam.
  • Lakukan gerakan sambil menghembuskan napas.
  • Tekuk lutut, lalu silangkan pergelangan kaki supaya posisi tetap seimbang.
  • Lalu, turunkan tubuh dengan perlahan sampai siku kembali lurus sejajar sambil mengambil napas.
  • Selama posisi turun, tetap pertahankan kekuatan pada otot tangan, sehingga kalian bisa turun dengan tepat.
  • Tarik kembali badan ke atas dengan perlahan.
  • Ulangi gerakan beberapa kali sesuai kemampuan kalian.

Selain sehat, olahraga ini dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan kesehatan otak, seperti cara pikir, ketajaman perhatian, daya ingat, dan meningkatkan kepercayaan diri. Tapi, penting diperhatikan, bahwa manfaat kesehatan dari pull up hanya bisa diperoleh jika gerakan dilakukan dengan rutin dan benar, ya, dan jangan berlebihan.

Apa analisis tentang olahraga dipandang dari sudut sosiologi? Nah, bagi kalian yang ingin tahu lebih banyak info tentang hal itu, maka bisa membaca buku Revolusi Olahraga Suatu Analisis-Sintesis Dr Sudut Sosiologi

Manfaat Pull Up

Beberapa manfaat dari latihan pull up berikut ini bisa kalian rasakan jika dilakukan secara konsisten dan dengan menerapkan pola hidup sehat serta menjaga pola makan sehat. Penasaran?  Apa saja manfaatnya? Simak manfaat pull up yang bisa kalian rasakan jika rutin melakukan latihan pull up ini, di antaranya :

1. Memperkuat Genggaman Tangan

Pull up bisa meningkatkan kekuatan pada genggaman tangan kamu kalian. Jika kamu penggemar olahraga berat seperti angkat beban, golf, tenis, atau panjat tebing, maka latihan ini akan sangat bermanfaat. Pull up adalah olahraga yang sebagian besarnya memerlukan tekanan dan konsentrasi pada semua jari-jari tangan, telapak tangan, dan semua bagian tangan. Jadi, tak usah heran, jika kekuatan cengkraman tangan kalian akan semakin kuat. Manfaat ini akan kalian rasakan jika melakukan latihan pull up secara rutin. Kamu akan merasakan kekuatan tangan begitu bertambah. Jika sudah begitu, kamu telah memiliki tenaga yang cukup untuk melakukan kegiatan berat sehari hari.

2. Mengurangi Lemak Berlebih

Tumpukan lemak di tubuh khususnya sekitar pinggang, merupakan lemak membandel untuk dibuang. Bagi kalian yang sedang dalam proses mengikis lemak di sekitar pinggang ini, kamu bisa mencoba olahraga pull up, lho. Jika rutin latihan pull up, kamu bisa memperoleh manfaat bisa menghilangkan lemak-lemak bandel itu. Pull up disebut bisa menjadi solusi cepat untuk menghilangkan lemak-lemak bandel, khususnya bagian pinggang. Meski sedikit sulit, tapi dengan terus latihan pull up setiap hari kamu bisa membakar lemak sedikit demi sedikit. Karena memang, latihan pull up cenderung sulit dilakukan, terutama saat awal akan memulainya.

3. Memperkuat Otot Punggung, Bahu, dan Lengan

Seperti halnya gerakan back up, manfaat dari pull up yaitu bisa memperkuat otot punggung, bahu, dan lengan. Latihan pull up juga harus dilakukan dengan teratur jika kalian ingin meningkatkan kekuatan pada area-area tersebut.

Gerakan pull up ini melibatkan beberapa otot tubuh, yaitu :

  • Otot latissimus dorsi, yakni otot punggung bagian atas yang membentang dari bagian punggung, tengah, sampai ke bawah tulang belikat serta bawah ketiak.
  • Otot erektor spinae area atas, yakni otot yang membentang pada sepanjang tulang belakang, khususnya bagian atas.
  • Otot trapezius, yaitu otot yang berada pada leher hingga kedua bahu.
  • Otot infraspinatus, yaitu otot punggung yang berada di tulang belikat.

4. Melatih Kekuatan Sendi

Selain untuk menambah kekuatan otot, latihan pull up juga bisa meminimalisir rasa nyeri yang diakibatkan karena radang persendian. Terutama pada punggung bagian bawah, area ini sering muncul nyeri akibat radang sendi atau penyakit arthritis. Akan tetapi, gerakan pull up ini hanya bisa membantu meredakan gejala nyerinya saja. Tapi, untuk mengobati penyakit tersebut, kalian tentunya memerlukan penanganan lebih lanjut.

5. Meningkatkan Suasana Hati

Sudah jadi rahasia umum, jika olahraga bisa meningkatkan mood atau suasana hati, tak terkecuali pull up ini. Manfaat pull up secara rutin bisa mengatasi berbagai masalah suasana hati yang kalian rasakan setiap hari. Pull up menggabungkan manfaat kesehatan dan peningkatan suasana hati yang umum didapat dari berbagai jenis olahraga lain. Karena akan menimbulkan efek tenang, dan juga sehat.